RSS

Tutorial Instalasi LMS Dokeos di Windows

04 Mei

Dokeos adalah sebuah Learning Management Sistem (LM) atau lebih dikenal dengan istilah e-Learning yang memberikan kemudahan bagi para pelaku pendidikan, baik guru, pengajar, dosen maupun siswa atau mahasiswanya sendiri. Dokeos berbasiskan PHP sehingga untuk melakukan instalasi pada Dokeos dibutuhkan PHP Web Server dan MySQL untuk databasenya. untuk itu dibutuhkan aplikasi sebagai berikut untuk melakukan menjalankan Dokeos.

dalam tutorial kali ini pertama yang kita butuhkan adalah mengintall XAMPP yang menjadi PHP dan MySQL Server, dilanjutkan untuk melakukan membuat database untuk dokeos dan terakhir dilanjutkan dengan Instalasi Dokeos dan cara pemakaian Dokeos.

Instalasi XAMPP

  1. klik dua kali XAMPP Installer.
  2. Berikutnya pilih Bahasa yang diinginkan.
  3. Klik Next pada Jendela yang muncul.
  4. akan muncul dialog dimana xampp akan diinstall, Klik Next lagi saja, secara default akan diinstall di C:/
  5. pada jendela berikutnya akan langsung klik saja install, setelah itu akan muncul Shorcut XAMPP Control Center di Desktop, klik Install. jangan pernah centangi Service Section.
  6. Biarkan XAMPP berjalan melakukan intalasi, sampai muncul pemberitahuan bahwa instalasi selesai, langsung saja klik Finish.
  7. Setelah Klik Finish, akan muncul pemberitahuan apakah ingin menjalankan XAMPP Control Center, jawab dengan yes
  8. jendela XAMPP Control Center akan muncul dan klik start pada Apache dan MySQL.
  9. untuk memastikan bahwa Server telah berhasil jalan, silakan buka browser (Firefox, Internet Explorer, Opera, Google Chrome dll) kemudian ketikan http://localhost/ jika muncul halaman web XAMPP berarti instalasi telah berhasil.
  10. ingat , setiap kali komputer restart atau dimatikan, maka kita perlu men-start ulang XAMPP, caranya buka Control Panel XAMPP di desktop dan klik start pada Apache dan MySQL ( seperti Step 8 ).

step berikutnya adalah membuat Database untuk Dokeos, silakan buka Browser, dan ketikan urlhttp://localhost/phpmyadmin/ maka secara otomatis akan masuk ke halaman pembuatan Database.

  1. setelah web PHPMyAdmin Muncul, klik pada menu Databases.
  2. kemudian setelah muncul halaman pembuatan database, pada bagian create new Database silakan isikan “dokeos” tanpa tanda kutip tentunya.
  3. jika berhasil maka akan memunculkan halaman bahwa database Dokeos telah selesai dibuat.

Penting :

step berikutnya adalah melakukan setting php.ini, dimana terdapat sebuah setting dari php.ini yang tidak sesuai dengan dokeos. untuk itu silakan buka Windows Explorer dan cari file C:xamppphpphp.ini buka file ini dengan notepad, dan cari baris kata “display_errors = On”, kemudian ganti kata ini dengan “display_errors = Off” tentunya tanpa tanda petik. kata ini berada pada bari ke-533 dari file php.ini. setelah itu Restart PHP servernya, caranya buka lagi XAMPP Control CenterStop untuk Apache-nya kemudian Start Lagi.

Instalasi Dokeos

  1. copy installer  Dokeos di C:/xampp/htdocs/ , kemudian ekstrak dengan file tersebut, setelah itu rename folder utama hasil ekstraksi menjadi dokeos untuk memudahkan.
  2. buka browser dan ketikan http:/localhost/dokeos/ maka akan muncul halaman instalasi dokeos.
  3. klik install dan anda akan dibawa ke halaman setting bahasa instalasi dokeos, pilih bahasa sesuai keinginan anda, dalam hal ini saya memilih bahasa Indonesia.
  4. kemudian anda akan dihadapkan pada setting server, pastikan seluruh syarat terpenuhi. pengecualian yang opsional anda boleh dipenuhi boleh tidak. klik langsung berikutnya
  5. kemudian anda akan dihadapkan pada perjanjian lisensi, langsung saya klik saya setuju.
  6. bagian terakhir adalah men-settingdatabase, langsung saja biarkan apa adanya dan klik berkutnya.
  7. pada halaman berikutnya akan dihadapkan pada setting E-Learning Dokeos , silakan ubah sesuai keinginan, terutama pada password admin, sesuaikan dengan kebutuhan anda.
  8. bagian terakhir adalah resume tinggal klik saja Install Dokeos.
  9. jika tidak ada kesalahan maka dokeos telah terinstall dengan baik dan siap digunakan. silakan ketikan http://localhost/dokeos/index.php di browser dan pastikan Dokeos telah selesai
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 4, 2013 in Tutorial

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: